Logo Balai Karantina Pertanian Kelas II Ternate

Balai Karantina Pertanian Kelas II Ternate

Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian

Seminar Lokal Hasil Pemantauan Daerah Sebar OPTK

 

Pemantauan daerah sebar oerganisme pengganggu tumbuhan karantina (OPTK) merupakan kegiatan tahunan yang rutin dilakukan setiap tahunnya. Sebagai hasil dari pemantauan maka perlu dilakukan seminar untuk memaparkan hasil temuan. Karantina Pertanian Ternate (25/10), menyelenggarakan seminar lokal hasil pemantauan 2021 yang bertempat di ruang rapat Balai Karantina Pertanian Ternate.

Acara dibuka langsung oleh kepala balai Yusup Patiroy dan mengundang narasumber Dr. Suryati Tjokrodiningrat, SP., M.Si dari Universitas Khairun dan Dr. Amalan Tomia, SP., M.Si dari Universitas Muhamadiyah Maluku Utara. Hasil pemantauan disampaikan oleh R. Danang Setyo Pambudi, S.Si. Pemantauan ini dilakukan di 7 Kapupaten di Maluku Utara yaitu Kab. Pulau Morotai, Kab. Halmahera Utara, Kab. Halmahera Timur, Kab. Halmahera Barat, Kab. Halmahera Selatan, Kab. Kepulauan Sula dan Kab. Halmahera Tengah.

Tidak ditemukan OPTK A1 dalam pemantauan tahun ini, namun ditemukan OPTK A2 yaitu Bactrocera musae dan Sexava coriacea. Kedua OPTK ini selalu ditemukan setiap tahunnya. “Pemantauan OPTK sengaja dilakukan sebagai evaluasi dari tindakan karantina yang telah dilakukan”, jelas Yusup Patiroy saat sambutannya

Turut hadir dalam acara seminar yaitu dinas-dinas terkait, Badai Pengkajian Teknologi Pertanian dan Laboratorium Utama Pengendali Hayati. Mereka juga sangat antusias menangapi dalam diskusi. SobatQ, Yuk mari bersama menjaga Maluku Utara dari ancaman OPT/OPTK.
Bersama Anda Melindungi Negeri.

#SinergiLindungiNegeri
#KarantinaPertanianTernate

Bagikan:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on pinterest
Pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest

Berita Lainnya:

Translate »