Rabu, 24 Februari 2021
PENGUMUMAN
DILARANG membawa UNGGAS DEWASA dari daerah tidak bebas FLU BURUNG ke Maluku Utara
Seluruh pegawai Karantina Pertanian Ternate TIDAK menerima GRATIFIKASI dalam bentuk apapun
LAPORKAN jika Anda menemukan indikasi tindak pidana KORUPSI atau PELANGGARAN di unit kerja kami
Karantina | Profesional, Tangguh, Terpercaya
Memasuki New Normal, tetap pakai masker, social distancing dan perhatikan protokol Covid
Jamur Enoki di pasaran sudah dalam pengawasan pemerintah

Kambing Kurban Halmahera Di Pastikan Sehat.

Kambing Kurban Halmahera Di Pastikan Sehat. Karantina Pertanian Ternate lakukan sertifikasi terhadap 19 kambing asal Halmahera yang akan dikirim ke Sorong, Papua, kemarin malam (29/06). Terhadap kambing tersebut dilakukan pemeriksaan klinis untuk memastikan kesehatannya. Pemeriksaan dilakukan di Pelabuhan Weda, Halmahera Tengah.

Jelang hari raya Iduladha, lalu lintas hewan ternak memang biasanya meningkat. Maluku Utara memasok hewan ternak ke sejumlah daerah, seperti Sulawesi dan Papua. Karantina Pertanian memastikan hewan ternak yang dilalulintaskan dalam kondisi sehat.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Maluku Utara, kambing menduduki populasi ternak terbesar di Maluku Utara dengan jumlah mencapai 128.107 ekor pada tahun 2017. Setelah itu baru sapi potong dengan jumlah mencapai 89.636 ekor.

“Jenis yang dilalulintaskan ini kambing kacang atau kambing kampung. Petugas karantina lakukan pemeriksaan fisik dan klinis,” terang Kepala Seksi Karantina Hewan, drh. Setyawan Pramularsih.

Pemerintah daerah Maluku Utara terus mendorong produksi ternak. Selain memenuhi kebutuhan sendiri, juga memasok daerah lain di sekitarnya. Tentu ini akan berimbas positif pada pendapatan peternak.

“Kami mendukung penuh setiap program pemerintah daerah. Yang jelas, kami akan pastikan ternak Maluku Utara yang dilalulintaskan dalam kondisi sehat,” tutup Pramularsih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »